Destinasi Wisata Keluarga Pasca Hari Raya Idul Fitri

TMII

Destinasi-destinasi wisata di luar kota dipenuhi oleh rombongan keluarga yang ingin selain merayakan Hari Kemenangan juga berlibur bersama keluarga. Tentu momentum liburan tersebut  disambut oleh pihak pengelola wisata dengan acara dan paket menarik yang sudah mereka sediakan, berikut ini ulasannya.

1. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)
TMII masih menjadi tujuan wisata favorit keluarga untuk mengisi liburan Hari Raya Idul Fitri. Banyak acara yang sudah disiapkan, semuanya dirangkum di dalam kegiatan bertajuk “Idul Fitri di TMII-Serasa Pulang Kampung”. Anda bisa mendengarkan sajian musik dalam panggung musik keren “Koempoel Lebaran” ataupun tontonan unik berbagai kesenian rakyat. Nuansa agamis juga dibawa ke sini lewat “Gelar Tari Islami” yang diselenggarakan di Istana Anak-Anak Indonesia. Harga tiket masuk TMII untuk anak 3 tahun ke atas adalah Rp10 ribu, sementara untuk setiap wahana bervariasi mulai dari Rp5 ribu untuk wahana mandi bola, hingga Rp180 ribu untuk berenang di Snowbay Waterpark.

2. Jatim Park
Anda yang berada di wilayah Malang, Batu dan sekitarnya memiliki banyak pilihan wisata ketika sudah memasuki area Jatim Park. Rasanya, apapun hiburan yang dibutuhkan dapat dipenuhi semua di sini. Bawa anak-anak belajar di museum-museum yang menarik seperti Museum Satwa, Museum Angkut dan Museum Tubuh. Kebun binatang Batu Secret Zoo juga akan membuat Anda terkagum-kagum dengan koleksi hewannya yang sangat lengkap dan sehat. Wahana lain yang menjadi pilihan adalah Batu Night Spectacular dan Eco Green Park. Pada high season periode 27 Juni-14 Juli, harga tiket masuk mengalami perubahan yaitu; Jatimpark 1 (Rp80 ribu), Jatimpark 2 (Rp105 ribu), Eco Green Park (Rp60 ribu), Museum Angkut (Rp80 ribu), Museum Tubuh (Rp60 ribu) dan Predator Fun Park (Rp50 ribu).

3. Lawang Sewu
Destinasi Lawang Sewu telah dipugar dengan wajah baru, namun tetap mempertahankan keunikan bangunan pintu seribu ini. Meskipun terdiri dari beberapa lantai tapi hanya lantai dasar yang dibuka untuk umum. Anda bisa melihat bagaimana sejarah gedung ini sekaligus cerita-cerita pada zaman koloni di ruang-ruang di lantai dasar. Lapangan yang luas di bagian depan bangunan terkadang dijadikan pusat kegiatan, seperti live music. Karena Lawang Sewu terletak di tengah kota maka Anda tidak akan kesulitan menjangkaunya dan mencari tempat makan usai berkunjung.

4. Bali Bird Park
Mari berkunjung ke taman dengan koleksi burung endemik terbesar dan terlengkap. Bali Bird Park mengajak Anda melihat kurang lebih 1.000 koleksi burung dari 250 spesies yang didatangkan dari seluruh kepulauan Indonesia, Amerika Latin, Afrika dan Australia. Segarnya alam Bali bisa Anda rasakan di sini, termasuk ketika Anda bersantap di restoran terbuka yang menyajikan masakan internasional. Pengalaman Anda juga diperkaya dengan menyaksikan film-film tentang keindagan burung di bioskop 4D. Untuk melengkapi petualangan satwa, pihak Bali Bird Pak pun memiliki taman reptil dengan koleksi ular piton hingga komodo.

5. Waterland Ade Irma Suryani
Waterland tersebut berdiri di atas lahan seluas kurang lebih 3 Hektar, terletak di Jalan Yos Sudarso, Lemahwungkuk, Kota Cirebon. Wisatawan yang datang ke tempat ini tidak hanya disuguhkan wahana air biasa, tetapi bisa menikmati berbagai suguhan menarik lainnya.  Saat ini, Cirebon Waterland Ade Irma Suryani menjadi salah satu ikon wisata di Cirebon yang tidak pernah sepi dari pengunjung, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Ada tiga jenis kolam yang dimilikinya yaitu kolam khusus untuk anak-anak, kolam bearus untuk anak maupun dewasa dan kolam olympic berkedalaman 1,5 meter untuk orang dewasa. Tak hanya kolam saja, tapi ada taman bermain darat, seperti ayunan-ayunan dan miniatur kapal yang terbuat dari kayu.

6. Wisata Candi di Yogyakarta
Canndi Borobudur tetap menjadi primadona tujuan wisata keluarga apabila Anda berada di Yogyakarta. Cobalah rangkaikan kunjungan ke candi-candi lainnya seperti Candi Sambisari, Candi Plaosan, Candi Mendut dan juga Candi Prambanan. Anda bisa menghabiskan hari di Candi Ratu Boko ataupun Candi Ijo yang menawarkan pemandatan Matahari terbenam spektakuler. Lengkapi perjalanan Anda dengan berbelanja di Malioboro di malam hari dan menyicipi kuliner-kuliner lesehan yang terdapat di sana.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s