Teluk Batu, Hasil Karya Dahsyat Tsunami Laut Selatan

Teluk Batu, Hasil Karya Dahsyat Tsunami Laut Selatan

Banyuwangi yang berjuluk sunrise of java mempunyai banyak sekali pemandangan laut yang indah. Salah satunya adalah teluk-teluk yang ada di banyuwangi. Siapa yang tidak kenal teluk hijau dan teluk biru ? kedua teluk ini sudah mulai dikenal oleh banyak wisatawan lokal maupun asing. Sebenarnya ada satu lagi teluk di banyuwangi yang juga tak kalah indah dengan kedua teluk sebelumnya,  namanya adalah Teluk Batu.

Teluk Batu berada di belakang teluk hijau, tepatnya di sebelah timur teluk hijau. Jika anda pernah berkunjung ke teluk hijau tentu tidak sulit menemukan lokasi teluk batu ini. Teluk batu sama seperti teluk ijo yaitu berada di area Taman Nasional Meru Betiri, Desa Sarongan Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Kedua teluk ini dapat anda kunjungi dengan trekking dari Desa Rajegwesi dan Sukamade, atau naik jukung dari Pantai Rajegwesi. Jika anda lewat jalur darat ketika menuju teluk hijau dipastikan anda akan melewati teluk batu. Lalu apa keistimewaan dan keunikan teluk batu ini?

Teluk Batu mempunyai pantai yang berbeda dengan tetangganya, teluk hijau atau tetangga sesama banyuwangi yaitu teluk biru. Jika kedua teluk tetangga mempunyai pasir yang putih dan halus, lain halnya dengan teluk batu ini, hampir tidak terlihat pasir putih atau pasir hitam ada di pantai ini. Di pantai teluk batu pemandangan yang disuguhkan adalah pemandangan batu-batu kali berbentuk macam-macam yang tersusun rapi di sepanjang sekitar 200 meter pantai. Dan juga hamparan ombak yang menerpa batu akan menjadi panorama sendiri untuk daya tarik di pantai teluk batu ini. Pemandangan yang sedikit aneh kalau menurut saya. Tetapi keunikan dan keanehan inilah yang membuat eksotis pemandangan di pantai teluk batu.

Jika orang yang pertama ke teluk batu dan melihat fenomena ini tentunya akan bertanya-tanya, Dari mana asal batu-batu sebanyak ini? Ternyata teluk batu ini menyimpan cerita yang sangat tragis tentang dahsyatnya Tsunami Laut Selatan yang menimpa Banyuwangi pada tahun 1994, sebelum terjadinya tsunami di Aceh. Ketika itu terjadi tsunami yang begitu dahsyat menerjang pesisir selatan banyuwangi. Dan yang terjadi adalah desa-desa di sekitar pesisir banyuwangi banyak yang terkena dampak dari tsunami yang dahsyat ini. Bahkan pada waktu itu dikabarkan kira-kira ada sekitar 100 orang yang meninggal dunia akibat keganasan tsunami ini.

Tsunami yang dahsyat itu pula yang juga menghancurkan sebuah teluk yang sekarang bernama teluk batu itu. Dulu menurut orang di sekitar pantai, teluk batu bernama teluk damai. Keadaan teluk damai dulu tidak jauh beda dengan teluk hijau yaitu mempunyai pasir putih yang halus dan indah. Tapi sejak tsunami menerjang di pesisir laut selatan, pantai peluk damai berubah menjadi bebatuan yang tersusun secara rapi yang terbentang panjang begitu eksotisnya. Diperkirakan batu-batu ini berasal dari dasar laut yang terbawa saat tsunami sampai ke pesisir pantai. Batu-batu tersebut sangat beragam bentuknya, ada yang oval seperti telur, menyerupai penumbuk, ada yang gepeng menyerupai buku. Permukaan batu tersebut sangat halus dan tersusun rapi seolah ada yang menyusun secara sengaja. Mungkin inilah hasil karya alam dari bencana dahsyat tsunami laut selatan.

Meski teluk ini tidak bernama damai seperti sebelumnya tapi keadaan dan suasana di teluk batu ini masih seperti dulu damai dan ayem. Jika anda tertarik untuk traveller atau berwisata unik, jangan lupa tempat yang satu ini teluk batu. Masukan kedalam daftar destinasi/tujuan wisata anda jika anda sedang berwisata ke banyuwangi.

teluk batu
Teluk Batu Banyuwangi
teluk hijau banyuwangi
Teluk hijau / green bay
teluk biru
Teluk Biru Banyuwangi

Sekian ulasan tentang Teluk Biru yang merupakan hasil karya Dahsyat Tsunami laut Selatan yang begitu eksotis ini, jika ada kesalahan dalam ulasan kali ini

 

Beli tiket pesawat dengan harga murah bisa di klik tiketturindo.com

tiket pesawat

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s